Tugas Demonstrasi Kontekstual Pendidikan yang memerdekakan
Konsep Pendidikan yang Memerdekakan
Pesan yang disampaikan : Topik merdeka belajar Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD,
Sasaran audiens yang dituju(Guru, Siswa dan orang tua)
Media yang digunakan: Blog Depi Rismayanti
Pemahaman gagasan dan prinsip pendidikan berdasarkan pemikiran KHD,
Pendidikan (opvoeding) memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Sedangkan Pengajaran (onderwijs) adalah proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin..
Secara garis besar Konsep Pilosofis Pemikiran KHD adalah :
1. Menuntun (Among)
2. Kodrat anak adalah Merdeka. Merdeka bermain, dan belajar budi pekerti. BUDI (pikiran/kognitif (cipta),perasaan/emosi-relasi (rasa), kemauan/kehendak (karsa). PEKERTI (tenaga/perilaku/karya/bakti (raga)).
4.
Berpihak pada murid
5.
Anak itu bukan
tabularasa
6. Pembangunan budi pekerti.
Filosofi KHD dapat terwujud apabila pembelajaran yang kita laksanakan sudah sesuai dengan Tiga prinsip kepemimpinan sebagai seorang pendidik yaitu:
1. Ing Ngarso Sung Tulodho
artinya seorang guru haruslah memberi contoh yang baik,
2. Ing Madyo Mangun
Karso artinya seorang guru harus memberikan
semangat pada murid, dan
3. Tut Wuri Handayani yang artinya seorang guru haru memberikan dorongan/ menjadikan murid mandiri
Kaitan dengan filosofi
pendidikan di atas maka sebagai seoarang pendidik kita harus bisa memberikan
pendidikan yang merdeka karena pada dasaranya pendidikan pendidikan menuntun
bukan menuntut, berpusat pada murid atau
berpihak pada murid, sesuai dengan kodratnya yaitu kodrat alam dan kodrat zaman.
Pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan apa yang disukainya,
sesuai dengan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan prinsif dan filosofi
pendidikan menurut KHD.
Kaitan filosofi dan prinsip pendidikan yang memerdekakan dengan tujuan pendidikan untuk membentuk profil Pelajar Pancasila adalah: “Guru dan murid berkolaborasi untuk menginisiasi/menciptakan kedalaman (rasa takjub dan kasmaran) spiritual, intelektual dan sosial untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia ” Siswa dan guru merdeka belajar yang berkolaborasi bersama menggali dan mengembangkan potensi siswa dan mengakomodasi karakteristik masing-masing untuk mewujudkan student wellbeing.
Komentar
Posting Komentar