Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2. “Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya”.
1. Tujuan Pembelajaran Khusus
Ø CGP
dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video
praktik baik yang ada.
Ø CGP
dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing
tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
Ø CGP
dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
Ø CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
2.
Kira-kira apakah visi dari
sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Mewujudkan
siswa yang berkarakter, berwawasan global, berbudaya serta tenciptanya
lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan untuk mewujudkan profil pelajar
Pancasila.
3.
Apakah prakarsa perubahan yang
akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa
perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video adalah mewujudkan
kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar.
4.
Bagaimana cara apakah pertanyaan
utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Pertanyaan
utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut
adalah bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?
5.
Kegiatan atau tindakan apa yang
dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan?
Ø B
= Buat pertanyaan.
Guru menuliskan kalimat penyemangat
belajar di papan tulis, lalu guru bertanya pada siswa anak-anak setelah kalian
membaca tulisan di papan tulis ini kira-kira apa yang muncul dalam pikiran
kalian? Guru mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi dari pendapat dan
pengalaman murid.
Ø A
= Ambil pelajaran.
Setelah guru mengajukan pertanyaan untuk
menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid guru berdialog dengan
murid menanyakan kira-kira apa sih yang kalian sukai dari kelas ini? Jawaban
murid senang karena duduk dekat rak buku sehingga bisa baca-baca buku, dan
senang duduk dekat jendela karena bisa kena angin dari luar.
Jam istirahat Anak-anak diajak untuk berkunjung melihat kelas 2 dan kelas 6 untuk
mencari inspirasi. Mereka bisa bertanya tentang apa yang disukai dan mengambil pelajaran dari kelas.
Guru membagi menjadi 4 kelompok. Ssetelah berkunjung ke kelas lain guru dan
siswa berdiskusi tentang apa yang disukai dari kelas yang dikunjungi dan kenapa
menyukai hal tersebut?
Ø G
= Gali mimpi.
Dalam kegiatan ini murid diminta untuk
mengambil peralatan yang sudah disiapkan guru. Kemudian siswa diminta untuk membayangkan
kelas seperti apa yang nyaman, dan menyenangkan dan menadi penyemangat dalam
belajar. Setelah itu mereka diminta
untuk menggambarkan kelas yang nyaman seperti apa yang mereka bayangkan.
Kemudian perwakilan dari setiap keleompok diminta untuk mempresentasikan kelas impiannya. Guru mencatat semua hasil
presentasi siswa.
Ø J
= jabarkan mimpi.
Dalam kegiatan ini, murid diajak
berkontribusi menentukan kebutuhan (Lantai yang bersih, dinding yang penuh
hiasan, Kursi yang bisa dirubah-rubah,
adanya rak buku).
Ø A
= Atur eksekusi.
Murid diberi kesempatan berkontribusi
untuk menentukan pembagian tugas dalam kelompok
o kelompok
1. Mmembersihkan kelas
o kelompok
2. Membuat hiasan dinding
o kelompok
3. Menyusun bangku
o kelompok
4. Menyusun buku.
Guru bertanya mengenai kapan waktu
pelaksanaan untuk membuat kelas impian, guru dan siswa menyepakati waktu untuk mewujudkan kelas impian akhirnya
disepakati besok harinya agar siswa bisa menyiapkan alat dan bahannya.
6.
Apa peran pemimpin yang tergambar dalam
tayangan video?
Peran
pemimpin yang tergambar dalam tayangan video adalah sebagai berikut:
Ø Sumber
belajar; Guru menguasai materi
pembelajaran.
Ø Fasilitator;
Menggali informasi dari pendapat dan pengalaman murid ,
Ø Pengelola
pembelajaran; melakukan tindakan konflik yang diperlukan untuk menjalankan
mimpi dengan mengajak murid berkontribusi menentukan kebutuhan, menentukan
siapa yang akan berperan mewujudkan kelas impian dengan menentukan pembagian
tugas dalam kelompok
Ø Demonstrator;
mengajak dan memberikan contoh cara melakukan eksekusi
Ø Pembimbing;
Guru membimbing siswa untuk membayangkan dan menggambarkan kelas impian yang
nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat dalam belajar
Ø Motivator;
Mengajak rekan sejawat untuk merumuskan pertanyaan utama dari prakarsa
perubahan yang akan dilakukan.
Ø Penilai;
Memberikan penilaian pada saat perwakilan kelompok mempresentasikan hasil
diskusi.
7.
Apa saja modal utama yang
dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video? Lalu bagaimana
pemanfaatannya?
Modal
utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video dan pemanfaatannya?
Ø Modal
manusia: guru dan siswa. Cara pemanfaatannya adalah Menjadikan siswa sebagai
pemberi dan penerima manfaat serta pelaksana dalam kegiatan – kegiatan di dalam
kelas.
Ø Modal
sosial: Tata tertib kelas, kelompok dalam kelas, kelas 2 dan kelas 6. Cara
pemanfaatannya adalah Menjadikan tata tertib untuk mengikat dan mengatur pola
perilaku siswa yang ada di dalam kelas, menjaga kekompakan dalam kelompok,
melakukan komunikasi yang baik dengan kelas-kelas lain.
Ø
Modal fisik: gedung
sekolah/kelas. Cara pemanfaatannya adalah Menggunakan asset (Kelas) sebagai
tempat / sarana yang menunjang keberhasilan kegiatan /proses pembelajaran.
Komentar
Posting Komentar