Resume Materi
Nama
kegiatan : Diklat Program Guru Belajar
Seri Masa Pandemi Covid-19 (Tahap 2)
Waktu :
31 Oktober s.d.19 November 2020
Penulis :
Depi Rismayanti
1.
Mendapatkan inspirasi
pengembangan PJJ
- Inspirasi
PJJ dari Guru PAUD/RA, Guru SD/MI, Guru SMP/MTS, Guru SMA/MA, Guru SMK
-
Sumber belajar yang digunakan di semua jenjang pendidikan yaitu: buku Saku,
Modul Belajar literasi dan numerasi, Belajar dari rumah di TVRI.
-
Sumber belajar untuk guru SD salah satunya adlah Modul Belajar Literasi dan
Numerasi, Terdapat 3 modulyaitu:
a.
Modul
Belajar Siswa: berisi aktivitas pembelajaran yang kontekstual, dapat dilakukan
siswa yang di dampingi oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya dari rumah,
dan akan membantu siswa mencapai kompetensi literasi dan numerasi pada berbagai
mata pelajaran.
b.
Modul
Pendamping bagi Guru: berisi penjelasan mekanisme pendistribusian modul, cara
memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa, jabaran pemetaan KD dan
kerangka acuan modul,serta penjelasan aktivitas siswa selama pembelajaran satu
minggu agar guru dapat terus memfasilitasi dan memantau siswa ketika belajar
dari rumah.
c.
Modul
Pendamping bagi Orang Tua: berisi tips mendampingi anak ketika belajar, tip
kegiatan literasi dan numerasi lain yang dapat dilakukan serta tabel organizer
yang merangkum pembelajaran dalam satu minggu, memudahkan orang tua untuk
menyiapkan keperluan dan strategi belajar anak dalam pembelajaran.
-
Apa
tujuan dari pembuatan modul ini?
modul
ini dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di jenjang SD
dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid atau kondisi
khusus lainnya. Modul ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru
untuk mengembangkan perangkat ajar lain dalam upaya memfasiliatsi siswa untuk
belajar dalam kondisi khusus. Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada
Kompetensi dasar dalam Penyederhaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di
optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata
pelajaran.
-
Siapa
yang membuat modul ini?
Rangkaian
modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran dengan melibatkan
ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah
materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak
2.
Mengembangkan PJJ
-
Membuat
rencana pembelajaran jarak jauh
berdasarkan pemahaman yang Anda dapatkan selama mengikuti program ini. Anda
diperbolehkan membuka materi Tahap 1: Bimtek dan Tahap 2: Diklat. Format
rencana pembelajaran jarak jauh boleh Anda tentukan sendiri selama ada 3
komponen RPP Merdeka Belajar: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan
asesmen pembelajaran.
-
Mendiskusikan
rencana pembelajaran jarak jauh dengan 2 – 3 rekan guru yang lain untuk
mendapatkan masukan. Lakukan revisi bila perlu
-
Mempraktikkan
rencana pembelajaran jarak jauh tersebut. Apabila ada kesulitan, jangan segan
untuk meminta masukan dari rekan guru yang lain
3.
Merepleksikan PJJ
Merefleksikan
PJJ yang sudah di laksanakan, berupa:
Aspek PJJ: Tulis aspek
pembelajaran jarak jauh yang ingin diperbaiki.
Sasaran Perbaikan: Tuliskan
sasaran perbaikan pembelajaran jarak jauh yang ingin Anda capai. Semisal:
Menggunakan hasil asesmen diagnosis untuk merancang pembelajaran jarak jauh.
Rencana Perbaikan:
Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan perbaikan pembelajaran
jarak jauh.
Tuliskan secara ringkas, agar
mudah dipahami dan dilakukan. Rencana perbaikan yang baik adalah rencana
perbaikan yang dilakukan.
Membuat tabel perbaikan pembelajaran jarak jauh. Anda
bisa perkaya dengan komponen lain asal ada 3 komponen inti: aspek PJJ, sasaran
perbaikan dan rencana perbaikan.
Komentar
Posting Komentar