Resume Materi

 

Nama kegiatan : Diklat  Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19 (Tahap 2)

Waktu         : 31  Oktober s.d.19 November  2020 

Penulis        : Depi Rismayanti

 

1.    Mendapatkan inspirasi pengembangan PJJ

-  Inspirasi PJJ dari Guru PAUD/RA, Guru SD/MI, Guru SMP/MTS, Guru SMA/MA, Guru SMK

- Sumber belajar yang digunakan di semua jenjang pendidikan yaitu: buku Saku, Modul Belajar literasi dan numerasi, Belajar dari rumah di TVRI.

- Sumber belajar untuk guru SD salah satunya adlah Modul Belajar Literasi dan Numerasi,  Terdapat 3 modulyaitu:

a.         Modul Belajar Siswa: berisi aktivitas pembelajaran yang kontekstual, dapat dilakukan siswa yang di dampingi oleh orang tua atau anggota keluarga lainnya dari rumah, dan akan membantu siswa mencapai kompetensi literasi dan numerasi pada berbagai mata pelajaran.

b.         Modul Pendamping bagi Guru: berisi penjelasan mekanisme pendistribusian modul, cara memberikan umpan balik untuk penilaian kinerja siswa, jabaran pemetaan KD dan kerangka acuan modul,serta penjelasan aktivitas siswa selama pembelajaran satu minggu agar guru dapat terus memfasilitasi dan memantau siswa ketika belajar dari rumah.

c.         Modul Pendamping bagi Orang Tua: berisi tips mendampingi anak ketika belajar, tip kegiatan literasi dan numerasi lain yang dapat dilakukan serta tabel organizer yang merangkum pembelajaran dalam satu minggu, memudahkan orang tua untuk menyiapkan keperluan dan strategi belajar anak dalam pembelajaran.

-        Apa tujuan dari pembuatan modul ini?

modul ini dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di jenjang SD dalam memfasilitasi pembelajaran siswa dalam masa pandemi Covid atau kondisi khusus lainnya. Modul ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk mengembangkan perangkat ajar lain dalam upaya memfasiliatsi siswa untuk belajar dalam kondisi khusus. Modul ini dikembangkan dengan merujuk pada Kompetensi dasar dalam Penyederhaan kurikulum namun aktivitas pembelajaran di optimalisasi untuk mencapai kompetensi lilterasi dan numerasi pada semua mata pelajaran.

-        Siapa yang membuat modul ini?

Rangkaian modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak

2.    Mengembangkan PJJ

-            Membuat  rencana pembelajaran jarak jauh berdasarkan pemahaman yang Anda dapatkan selama mengikuti program ini. Anda diperbolehkan membuka materi Tahap 1: Bimtek dan Tahap 2: Diklat. Format rencana pembelajaran jarak jauh boleh Anda tentukan sendiri selama ada 3 komponen RPP Merdeka Belajar: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen pembelajaran.

-            Mendiskusikan rencana pembelajaran jarak jauh dengan 2 – 3 rekan guru yang lain untuk mendapatkan masukan. Lakukan revisi bila perlu

-            Mempraktikkan rencana pembelajaran jarak jauh tersebut. Apabila ada kesulitan, jangan segan untuk meminta masukan dari rekan guru yang lain

3.    Merepleksikan PJJ

Merefleksikan PJJ yang sudah di laksanakan, berupa:

Aspek PJJ: Tulis aspek pembelajaran jarak jauh yang ingin diperbaiki.

Sasaran Perbaikan: Tuliskan sasaran perbaikan pembelajaran jarak jauh yang ingin Anda capai. Semisal: Menggunakan hasil asesmen diagnosis untuk merancang pembelajaran jarak jauh.

 

Rencana Perbaikan: Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan perbaikan pembelajaran jarak jauh.

Tuliskan secara ringkas, agar mudah dipahami dan dilakukan. Rencana perbaikan yang baik adalah rencana perbaikan yang dilakukan.

Membuat  tabel perbaikan pembelajaran jarak jauh. Anda bisa perkaya dengan komponen lain asal ada 3 komponen inti: aspek PJJ, sasaran perbaikan dan rencana perbaikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Filsafat Ilmu dan Kebudayaan

Makalah Kecerdasan spiritual

Makalah Accelerated Learning