Laporan Deskripsi

Resume Materi

Nama Kegiatan  : Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Program Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19,Tahap 1

Waktu                 : 11 – 20 Oktober  2020

Penyusun:           : DEPI RISMAYANTI,S.Pd.I,M.Pd.

 

1.        Konsep PJJ

Tujuan PJJ:

-        Mendorong kolaborasi orang tua, guru dan murid untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat Covid-19.

-        Memastikan anak mendapatkan personalisasi pengalaman belajar yang bermakna dan menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.

PJJ dengan menggunakan 5 M

-        Memanusiakan hubungan

-        Memahami konsep

-        Membangun Keberlanjutan

-        Memilih Tantangan

-        Memberdayakan Konteks

2.        Konsep Kurikulum Pada kondisi Khusus

o  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

o  Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.  Semua jenjang pada setiap satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat:

-        Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional

-        Menggunakan kurikulum pada kondisi khusus

-        Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri

-        Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan oleh Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional. Pada kurikulum tersebut dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya

1.        Model Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran berbasis kompetensi

Pembelajaran berbasis kompetensi berorientasi pada pencapaian kompetensi peserta didik yang dapat dilihat dari pemahaman konsep, keterampilan menerapkan konsep dalam berbagai konteks, serta sikap-sikap yang menyertainya.

2.    Asesmen Diagnosis Awal pembelajaran

Tujuan dari dilakukannya asesmen diagnosis awal pembelajaran adalah…

     Memonitor perkembangan non kognitif dan kognitif siswa untuk memenuhi target capaian      belajar

     Asesmen non kognitif – Asesmen kognitif – Tindak lanjut dan evaluasi

        Asesmen diagnose awal terbagi menjadi 2, yaitu:

-        Asesmen non Kognitif

-        Asesmen Koognitif

3.    Asesmen Diagnosis Berkala

Asesmen pembelajaran dikategorikan dalam tiga jenis, diantaranya:

a.    Asesmen terhadap pembelajaran (assessment of learning)

b.    Asesmen untuk pembelajaran (assessment for learning)

c.    Asesmen sebagai pembelajaran (assessment as learning)

4.    Penggunaan Tekhnologi dalam Pembelajaran jarak jauh

Selama masa darurat pandemi Covid-19, Pembelajaran jarak jauh seringkali disalah artikan sebagai pembelajaran daring atau online. Padahal Pembelajaran jarak jauh pada dasarnya tetap dapat dilaksanakan baik secara daring maupun luring (luar jaringan). Sementara berbagai keragaman kondisi termasuk sosial ekonomi dan kondisi geografis di Indonesia, terkadang tidak memungkinkan dilaksanakannya metode pembelajaran jarak jauh secara daring sehingga pembelajaran jarak jauh tidak dapat berjalan dengan efektif. Melihat perbedaan peta sebaran Covid-19 yang berbeda di berbagai wilayah di Indonesia, pembelajaran jarak jauh juga tidak memungkinkan pelaksanaan PJJ dengan model yang sama.

Pada dasarnya berbagai model pembelajaran jarak jauh yang dapat diadaptasi selama masa pandemi, digolongkan ke dalam tiga kategori. Pembelajaran jarak jauh secara luring, pembelajaran jarak jauh secara daring, dan pembelajaran jarak jauh secara terpadu. Apa yang membedakan ketiganya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Filsafat Ilmu dan Kebudayaan

Makalah Kecerdasan spiritual

Makalah Accelerated Learning